DPR dan Pemerintah Akan Duduk Bersama Bahas Kesejahteraan Guru Honorer

- 11.47
'

Anggota Komisi X DPR RI Reni Marlinawati memberikan catatan tentang peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2017. Beberapa topik tentang guru honorer hingga peningkatan kualitas guru harus dijadikan bahan evaluasi agar pola pendidikan di Indonesia bisa menjadi lebih baik.

“Persoalan kesejahteraan guru merupakan catatan utama dari peringatan hari guru nasional tahun 2017 ini. Persoalan guru honorer sampai saat ini masih menjadi persoalan pelik di dunia pendidikan. Seperti masih ada guru honorer yang hanya mendapat gaji Rp 150 ribu setiap bulannya,” ujar Reni dalam rilis yang diterima Parlementaria, Senin (27/11/2017).

Oleh karenanya, lanjut Reni, tenaga pengajar honorer yang berjumlah hampir satu juta orang itu harus menjadi perhatian semua pihak. Perlu ada langkah extraordinary untuk mengurai persoalan guru honorer. DPR dan pemerintah harus duduk bersama untuk mencari keluar atas persoalan ini.

Selain itu, persoalan peningkatan kualitas guru juga menjadi perhatian Politisi PPP ini. Guru sebagai garda terdepan dalam pendidikan harus dipastikan memiliki kualitas yang bagus. “Peningkatan kapasitas para guru harus senantiasa dilakukan oleh pemerintah untuk memastikan mengikuti perkembangan zaman. Terlebih, tantangan tenaga pendidik saat ini menghadapi generasi millennial yang sarat dengan inovasi,” terangnya.

Lebih lanjut, Reni juga meminta pemerintah untuk memastikan pemerataan penyebaran tenaga pendidik agar tidak terjadi ketimpangan kualitas guru antar daerah. Pemerataan tenaga pendidik ini penting untuk memastikan anak didik memiliki kualitas yang bagus dan sama di seluruh tanah air.

Sumber: dpr.go.id
' '


EmoticonEmoticon


 

Apa yang Anda Cari?