Contoh Soal USBN IPA SD/MI Berdasarkan Indikator pada Kisi-kisi USBN 2018 -->

Contoh Soal USBN IPA SD/MI Berdasarkan Indikator pada Kisi-kisi USBN 2018

,

Indikator Soal 1
Peserta didik dapat menyebutkan bagian tumbuhan yang mempunyai manfaat tertentu (melalui penyajian kasus).

Contoh Soal:
Ibu membuat sayur sup ayam menggunakan bumbu masak merica supaya rasanya enak. Bumbu merica itu diambil dari bagian tubuh tumbuhan berupa ….
A.  akarnya
B.  daunnya
C.  buahnya
D.  batangnya

Indikator Soal 2
Peserta didik dapat menentukan cara perkembangan hewan melalui beberapa sajian gambar/ciri-cirinya.

Contoh Soal
Cara perkembangbiakan hewan di atas termasuk ….
A. generatif karena diawali dengan perkawinan hewan jantan dan betina
B. vegetatif karena hewan baru bukan merupakan hasil perkawinan
C. generatif karena dari satu hewan menjadi dua hewan
D. vegetatif karena hewan harus bertelur sebelum berbiak

Indikator Soal 3
Peserta didik dapat menentukan kedudukan makhluk hidup dalam satu rantai makanan/komunitas (produsen, konsumen I, II, III)

Contoh Soal
Menurut pendapatmu makhluk hidup yang tepat untuk menempati kotak yang kosong pada rantai makanan di atas adalah ….
A. manusia yang berperan sebagai konsumen 2
B. tikus yang berperan sebagai konsumen 1
C. belalang yang berperan sebagai konsumen 1
D. burung yang berperan sebagai konsumen 2

Indikator Soal 4
Disajikan gambar tumbuhan tertentu, peserta didik dapat menyebutkan cara penyesuaian diri tumbuhan tersebut terhadap lingkungan.

Contoh Soal
Perhatikan gambar tanaman mentimun berikut!
Tumbuhan mentimum memiliki sulur (lihat gambar) yang berfungsi untuk ….
A. membantu daun dan batang dalam melakukan fotosintesis
B. menahan daun supaya tidak rontok dan tetap melebar
C. mempercepat pembentukan bunga dan buah
D. membuat tanaman bertahan hidup dalam kondisi lingkungannya

Indikator Soal 5
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi salah satu jenis sel darah.

Contoh Soal
Sel darah putih pada manusia berfungsi untuk ….
A. mengedarkan sari-sari makanan
B. mengedarkan oksigen
C. melawan bibit penyakit
D. pembekuan darah waktu luka

Indikator Soal 6
Peserta didik dapat menjelaskan peran zat gizi yang terkadang dalam makanan

Contoh Soal
Tubuh manusia memerlukan makanan berserat yang baik untuk pencernaan karena memberi rangsang alat pencernaan dan memudahkan buang air besar.
Contoh bahan makanan yang banyak mengandung serat adalah ….
A.  susu
B.  sayur
C.  buah-buahan
D.  daging

Indikator Soal 7
Disajikan contoh fenomena, peserta didik dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap suatu proses kegiatan

Contoh Soal
Mengapa pemasangan kabel listrik di jalan dipasang kendor? Agar ....
A. kabel tidak putus bila kena panas
B. kabel tidak menyusut pada saat udara dingin
C. tidak mudah terjadi hubungan singkat
D. kabel tidak mudah berkarat

Indikator Soal 8
Disajikan gambar sebuah alat/pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan bentuk perubahan energi dari alat tersebut.

Contoh Soal
Perhatikan gambar berikut!


Perubahan Energi yang terjadi pada gambar di atas adalah ….
A. energi kimia menjadi energi panas
B. energi kimia menjadi energi listrik
C. energi listrik menjadi energi panas
D. energi listrik menjadi energi kimia

Indikator Soal 9
Peserta didik dapat menyebutkan contoh upaya pelestarian sumber daya alam.

Contoh Soal
Agar minyak bumi tidak cepat habis perlu dicanangkan gerakan ....
A. penggunaan bahan bakar minyak seperlunya
B. pengeboran bahan bakar minyak dengan alat modern
C. mendatangkan bahan bakar dari negara tetangga
D. mengganti dengan bahan bakar alternatif

Semoga Bermanfaat!!!


TerPopuler