Ciri Khusus Tumbuhan di Daerah Gurun

- 10.22
'

Tumbuhan gurun
Jumlah dan jenis tanaman bervariasi sesuai dengan tempat gurun berada. Rumput pendek dapat ditemukan di hampir semua gurun. Tanaman gurun termasuk semak-semak, semak-semak creosote dan kaktus. Para Saguaro (katakanlah Suh-hwah-roe) kaktus hanya ditemukan di gurun Sonora Amerika Utara dan spinifex ditemukan di gurun Australia.

Penyesuaian / Adaptasi Tumbuhan
Tanaman gurun harus mengembangkan cara-cara yang berbeda dalam pengambilan air untuk bertahan hidup di habitatnya. Perubahan ini disebut adaptasi. Sebuah adaptasi umum pengembangan cara untuk menyimpan air dalam akar, batang, daun atau buah. Tanaman yang menyimpan air dengan cara ini disebut sukulen, salah satunya adalah kaktus. Beberapa tanaman telah mengembangkan akar yang sangat panjang yang pergi jauh ke dalam tanah untuk mencapai air bawah tanah. Lainnya telah mengembangkan penyebaran sistem akar berbaring tepat di bawah permukaan dan peregangan secara luas. Hal ini memberikan banyak akar tanaman kecil yang menangkap air saat hujan.

Tumbuh – tumbuhan tersebut yang dapat tumbuh di daerah padang gurun diantarannya kaktus dan kutikula. Kaktus dapat hidup didaerah kering dikarenakan dapat menyimpan banyak air didalam batangnya dan daunnya yang menyempit menjadi duri. Lalu, kutikula ialah tumbuhan yang tebal dan mempunyai akar yang panjang. Sedangkan hewan yang mampu tumbuh diarea padang gurun seperti unta yang dapat menyimpan air dalam tubuhnya. Tikus, ular, dan kalajengking juga dapat hidup didaerah ini tetapi hanya aktif pada pagi hari, dan bila pada siang hari mereka akan berlindung dari panas terik matahari di lubang-lubang yang telah mereka buat.

' '


EmoticonEmoticon


 

Apa yang Anda Cari?