Catatan Sederhana Tentang Materi US/M dan UN 2016 -->

Catatan Sederhana Tentang Materi US/M dan UN 2016

,
Apa kabar rekan guru semua.

Tidak terasa sudah 4 bulan tahun pelajaran baru berjalan dengan sendirinya. Ujian tengah semester sudah dilaksanakan, tinggal menunggu Ujian Semester Ganjil, dan yang terpenting setelahnya nanti adalah mempersiapkan peserta didik kita menghadapi US/M, USBN, atau UN.

Dengan dualisme kurikulum yang beredar, tentunya semua guru akan berpikir seperti apa bentuk materi ujian tersebut nantinya.

Menurut Kepala Pusat Perbukuan dan dan Kurikulum, untuk mengantisipasi pelaksanaan UN 2016, materinya adalah irisan dari dua kurikulum tersebut yaitu Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013.

Setelah beberapa hari mencoba menggabung kedua materi di masing-masing kurikulum tersebut, saya berkesimpulan, Jika US/M, USBN, atau UN semua jenjang dari SD-SMA menggunakan Materi atau Kisi-kisi Tahun kemarin, 100% sudah merupakan irisan dari Kurikulum 2013 dan KTSP.

Jadi, saya meyakini orang-orang pusat sana kemungkinan akan menggunakan Kisi-kisi Tahun Kemarin sebagai acuan dalam penyusunan Kisi-kisi US/M, USBN, atau UN Tahun Pelajaran 2015/2016. Perubahan sedikit-sedikit wajar, tapi tujuan dan indikator sepertinya tidak jauh berbeda.

Kita tunggu Kisi-kisi Aslinya, Semoga dipercepat supaya kita semua mempersiapkannya lebih awal.

INGIN PESAN BUKU SEKOLAH MAYA?
KLIK GAMBAR DI BAWAH INI DAN ISI FORMULIRNYA!


Salam Maya...


TerPopuler