Kisi-Kisi USBN Agama Lengkap SD, SMP, SMA, SMK -->

Kisi-Kisi USBN Agama Lengkap SD, SMP, SMA, SMK

,
Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (USBN PAI) merupakan upaya pemerintah dalam menjaga mutu Pendidikan Agama Islam. Dalam pelaksanaanyya maka perlu di susun Kisi-kisi soal USBN PAI. Kisi-kisi tersebut diharapkan dapat menjadi acuan dalam penyusunan soal. Direktorat PAI beberapa hari yang lalu menyelenggarakan kegiatan "Workshop Penyusunan Kisi-kisiUSBN PAI SD" di Batam. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 40 GPAI SD terpilih sebagai TIM penyusun kisi-kisi USBN PAI SD. 

Seperti kita ketahui penyusunan kisi-kisi USBN di susun oleh pusat, sedangkan soal dan perkembangannya dilakukan oleh masing-masing daerah. Fungsi dari pembuatan kisi-kisi hanyalah mengarahkan soal, hal ini disampaikan oleh Direktur Pendidikan Agama Islam Dr. H. Amin Haedari, M. Pd.


Agar semakin sempurna dalam pembuatan Soal USBN PAI setelah proses penyusunan kisi-kisi diperlukan kreativitas dan pemahaman tersendiri dalam pembuatannya. Kisi-kisi USBN merupakan garis pemandu untuk mengarahkan soal di masing-masing sekolah, apabila nantinya akan dibuat pengembangan soal di masing-masing sekolah, akan tetapi menggunakan acuan yaitu kisi-kisi yang berstandar nasional, hal ini memberikan kemudahan bagi para guru, Jelas Amin.

Dr. Safari, M. PA. selaku narasumber dari Pusat penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan. Bahwasanya "membuat soal itu tidak gampang" jangan sampai guru-guru memiliki niat menjatuhkan murid saat membuat soal, tukasnya. Dalam penyusunan kisi-kisi ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni kompetensi dan indicator-indikator soalnya. Kualitas soal memang sangat ditentukan bagaimana para guru terpilih ini menyusun kisi-kisinya.

Kasubdit PAI SD Drs. Syafrizal, M. Si menambahkan bahwa Penyusunan dan pengembangan soal didaerah dibutuhkan peran KKG dan MGMP yang merupakan wadah bagi para guru. Ia juga kembali menegaskan ungsi USBN adalah untuk meningkatkan kualitas dan citra PAI agar terangkat. Dan otomatis akan berdampak positif bagi GPAI.

sumber: http://www.pendis.kemenag.go.id/pai/index.php?a=detilberita&id=5751#

Berikut Kisi-kisi USBN Pendidikan Agama Islam Tahun Pelajaran 2014/2015




Nantikan Contoh Soal USBN Semua Jenjang Pada Posting Selanjutnya.

Semoga bermanfaat!!!

TerPopuler